NANDA.ID – Cara Flash / Instal Stock ROM Recovery MIUI Melalui TWRP – Halo semua! Kali ini saya akan membagikan tutorial cara Flashing Stock ROM MIUI dengan menggunakan Custom Recovery TWRP.

Tutorial ini juga bisa digunakan menggunakan Custom Recovery yang lain seperti OrangeFox, PitchBlack, Batik dan sejenisnya. Yang berbeda mungkin hanya tampilannya saja, namun untuk langkah-langkahnya tetaplah sama.

Semua Ponsel Xiaomi dan Redmi bisa menggunakan cara ini untuk melakukan Flashing ROM berjenis Recovery, cara ini juga bisa untuk melakukan Update sekaligus Downgrade, namun untuk yang ingin Downgrade saya lebih menyarankan untuk menggunakan MI Flash saja, karena lebih aman. Caranya bisa kalian baca disini -> Cara Flash / Instal Stock ROM Fastboot MIUI Melalui MI Flash.

Karena ada beberapa kasus Ponsel nya mengalami Brick saat mencoba menurunkan versi Android menggunakan Custom Recovery.

Syarat yang harus dipenuhi

  • Ponsel sudah Unlock Bootloader (UBL) yang belum paham dan ingin melakukan UBL, bisa membaca disini -> Tutorial UBL Xiaomi / Redmi.
  • Sudah terinstal Custom Recovery TWRP, OrangeFox, PitchBlack atau sejenisnya.
  • Backup semua data yang ada di memory internal Ponsel kalian (Jika Ponsel kalian masih terenkripsi, kemungkinan besar akan mengalami Bootloop jika tidak melakukan Format data setelah Flashing ROM). Jadi untuk mencegah kehilangan data, jangan lupa backup dulu semua data kalian.
  • Yang terakhir dan yang terpenting. Segala kerusakan akibat mengikuti tutorial ini menjadi tanggung jawab kalian masing-masing. Jadi mohon ikuti tutorial ini dengan teliti.

Bahan yang dibutuhkan

  • Stock ROM MIUI berjenis Recovery (format .zip) -> Download (Pilih sesuai tipe Ponsel kalian).
  • File Disable Force Encryption -> Download (File ini berguna untuk menghapus enkripsi secara paksa pada ponsel kalian, sehingga saat Flash ROM berikutnya tidak perlu lagi melakukan Format data, Flash file ini setelah melakukan Format data).

Cara Flash ROM Recovery MIUI Melalui TWRP

#1. Setelah men Download ROM Recovery melalui link diatas (Pastikan filenya berformat .zip) silahkan pindahkan ROM tersebut ke internal memory atau SD Card.

#2. Download File Disable Force Encryption diatas, lalu simpan di SD Card, agar tidak hilang saat nanti melakukan Format data, atau jika tidak ada SD Card, kalian bisa melakukan langkah ini setelah berhasil menginstal ROM, nanti dibawah saya jelaskan lebih lanjut.

#3. Masuk ke mode TWRP.

#4. Lakukan Full Wipe, dengan cara masuk ke bagian Wipe > Advanced Wipe dan ceklis Dalvik / ART Cache, Cache, System, Vendor, Data, Lalu geser ke kanan untuk Swipe to Wipe.

Cara Flash / Instal Stock ROM Recovery MIUI Melalui TWRP

#5. Jika sudah selesai Wipe, tekan tombol kembali, hingga kembali ke tampilan awal TWRP. Pilih Install dan Cari dimana kamu menyimpan ROM Recovery tadi. Klik di ROM tersebut, lalu geser ke kanan untuk menginstal.

Cara Flash / Instal Stock ROM Recovery MIUI Melalui TWRP

#6. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

#7. Pilih Reboot System.

Note. Untuk kalian pengguna Android 9 keatas, sebaiknya setelah menginstal ROM, segera lakukan Format data, jangan tunggu hingga Bootloop. baru setelah itu pilih Reboot System.

#8. Dan tunggu hingga masuk ke Homescreen.

#9. Jika mengalami Bootloop, silahkan masuk lagi ke TWRP dan lakukan Format Data. Caranya, Pilih Wipe > Format Data, lalu ketikan yes dan enter.

Cara Flash / Instal Stock ROM Recovery MIUI Melalui TWRP

#10. Setelah selesai Format data, bagi yang tidak memiliki SD Card, silahkan pilih Reboot system terlebih dahulu, setelah masuk Homescreen, langsung kalian pindahkan file Disable Force Encryption ke internal memory, dan masuk kembali ke TWRP untuk menginstal file tersebut dengan cara yang sama seperti Flashing ROM tadi.

Note. Bagi yang peduli dengan keamanan sebaiknya jangan menginstal file Disable Force Encryption, karena file tersebut akan membuat Ponsel kalian tidak terenkripsi. keuntungannya adalah kalian tidak perlu lagi melakukan format data setiap menginstal ROM. Baik Custom ROM maupun Stock ROM.

#11. Selesai.


Mohon maaf apabila tutorial ini agak susah dipahami, saya menulis tutorial ini agar bisa digunakan untuk semua tipe Ponsel Xiaomi dan Redmi, Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tanyakan terlebih dahulu sebelum melalui email ke admin@nanda.id atau kolom komentar dibawah.

Terima kasih, Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here