NANDA.ID – Tutorial Cara Root Android Oreo 8.0 / 8.1 Dengan Magisk – Jumpa lagi ! Kali ini saya akan membagikan cara untuk melakukan Rooting pada semua ROM baik itu Stock ROM ataupun Custom ROM yang berjalan pada Android Oreo 8.0 / 8.1 dengan menggunakan Magisk.

Mungkin kata Magisk hanya akan tidak akan familiar buat kamu yang tidak pernah melakukan Rooting pada Android sama sekali.

Namun berbeda untuk para opreker Android, mereka pasti semua sudah tau apa Magisk itu dan juga fungsi dari Magisk. Karena pada Tutorial ini kita akan melakukan Root dengan bantuan Magisk, jadi saya akan jelaskan sedikit kamu buat yang belum tau apa itu Magisk.

Penjelasan dan fungsi Magisk Manager ?

Magisk Manager adalah sebuah aplikasi untuk mengelola izin Root dari perangkat Android atau bisa dikatakan sebagai SuperUser, dengan Magisk kita bisa mengelola aplikasi mana saja yang diizinkan untuk menggunakan akses Rooting.

Bukan hanya itu saja, banyak orang yang mengeluh jika melakukan Rooting, mereka tidak akan bisa menggunakan aplikasi Perbankan atau aplikasi yang tidak mengizinkan untuk di instal di Smartphone Android yang telah di Root contohnya seperti BRI Mobile dan tCash.

Namun masalah tersebut bisa teratasi dengan menggunakan aplikasi Magisk manager, karena Magisk mempunyai fitur (Magisk Hide) untuk menyembunyikan akses Rooting pada aplikasi tertentu, sehingga kalian bisa menggunakan aplikasi Perbankan meski android kalian dalam keadaan ter-Root.

Apa itu Rooting ?

Rooting adalah langkah dimana kita akan membuka hak akses secara penuh agar bisa mengelola atau merombak total suatu system Smartphone Android tanpa keterbatasan apapun lagi. Kalian akan bebas memodifikasi semua file system dari Smartphone android yang sudah ter-Root.

Berikut beberapa hak istimewa yang akan bisa kalian dapatkan setelah melakukan Rooting.

  • Menghapus file langsung dari system, ini berguna untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstal dengan cara biasa. Seperti Google Crome dan Aplikasi system lainnya.
  • Memasang aplikasi Mod, seperti aplikasi Google Ccamera yang sedang sangat di minati sekarang ini.

Magisk ini bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan Rooting pada Custom ROM tapi bisa juga digunakan untuk melakukan Rooting pada Stock ROM dengan syarat sudah memasang Custom Recovery seperti TWRP dan sejenisnya.

Jadi, syarat utama untuk bisa melakukan Rooting dengan Magisk pada tutorial ini adalah sudah memasang Custom Recovery (TWRP) atau yang sejenisnya.

Device yang digunakan pada tutorial ini

  • Smartphone: Xiaomi MI 5X
  • Code Name: Tiffany
  • Recovery: TWRP
  • ROM Tested: AospExtended (AEX) / MIUI 10
  • Android Version: 8.0.0 (Oreo)
  • Status Bootloader: Unlocked (UBL)

Oke langsung saja masuk ke tutorial cara melakukan Rooting Android Oreo 8.0 / 8.1 menggunakan Magisk.

Bahan Rooting Android Oreo 8.0 / 8.1 dengan Magisk

Langkah Rooting Android Oreo 8.0 / 8.1 dengan Magisk

Download dan Pindahkan Magisk .zip (Pilih salah satu, bisa yang v18.0 atau v19.1) dan Magisk Manager ke SD Card atau Internal Memory.

Masuk ke mode TWRP lalu pilih install.

Cari file .zip Magisk yang sudah kamu pindahkan tadi.

Lalu geser ke kanan Swipe to confirm Flash.

Proses Flash/Install Magisk.

Jika proses Flash sudah selesai, silahkan pilih Reboot System.

Setelah reboot langsung install aplikasi Magisk Manager untuk mengelola aplikasi mana saja yang ingin di beri akses Rooting dan juga aplikasi yang ingin di sembunyikan akses Root-nya. Untuk tutorial lengkap cara menggunakan Magisk Hide akan saya bagikan di artikel berikutnya.

Cara Install aplikasi Magisk Manager

Cari file Magisk Manager yang sudah kamu pindahkan sebelumnya lalu instal seperti biasa. Jika kurang paham lihat gambar di bawah.

Tampilan utama aplikasi Magisk Manager.

Jika masih belum yakin smartphone kamu sudah ter-Root atau belum, kamu cukup mendownload aplikasi bernama Root Checker di Google Playstore, untuk mengecek Smartphone kamu sudah ter-Root atau belum.

Cara cek status Rooting pada Smartphone Android

Instal dan buka aplikasi Root Checker lalu pilih VERIFY ROOT jika muncul pop up meminta akses Superuser Request maka ijinkan saja dengan cara pilih GRANT, itu tandanya Smartphone kamu sudah ter-Root.

Nanti tampilannya akan seperti ini Congratulations! Root access is properly installed on this device. Yang menandakan Smartphone android kamu sudah ter-Root dengan baik dan benar.

Demikianlah artikel tentang Tutorial Cara Root Android Oreo 8.0.0 / 8.1 Dengan Magisk. Jika menemukan kendala, beritahu saya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here