Cara Update Stock ROM MIUI Melalui Updater

NANDA.ID – Cara Update Stock ROM MIUI Melalui Updater – Halo semua! Kali ini saya akan membagikan tutorial cara melakukan update / upgrade OS Ponsel Xiaomi dan Redmi tanpa menggunakan PC/Laptop dan juga tanpa perlu melakukan Unlock Bootloader (UBL).

Disini saya menggunakan Updater bawaan Xiaomi/Redmi untuk memflash file ROM berformat .zip atau biasanya disebut dengan ROM Recovery.

Cara ini bisa untuk melakukan Update ke berbagai jenis ROM, berikut daftarnya:

  • ROM Global Stabil ke ROM Global Stabil
  • ROM Global Stabil dari ROM Global Beta
  • ROM Global Beta ke ROM Global Beta
  • ROM Global Beta ke ROM Global Stabil

Note. Custom ROM tidak bisa memakai metode ini.

Perlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan untuk Update, bukan Downgrade, jika ingin melakukan Downgrade harus melalui PC dalam Mode Fastboot menggunakan MI Flash Tool. Silahkan baca tutorialnya disini Cara Flash / Instal Stock ROM MIUI Melalui MI Flash.

Oke. Langsung saja masuk ke tutorial nya.

Cara Update Stock ROM MIUI Xiaomi dan Redmi Melalui Updater

#1. Backup terlebih dahulu semua data yang ada pada memory internal Ponsel kamu, karena di beberapa kasus ada yang mengalami Bootloop dan mengharuskan kita untuk melakukan Format Data untuk mengatasinya.

#2. Download file ROM Recovery Xiaomi/Redmi terbaru -> Stock ROM Xiaomi dan Redmi (Pilih yang terbaru).

#3. Setelah kamu Download salah satu ROM yang sesuai dengan Ponsel kamu, silahkan kamu pindahkan file ROM Recovery tersebut ke dalam folder downloaded_rom yang ada di penyimpanan internal. Jika foldernya tidak ada, silahkan kamu buat aja sendiri.

Note. Pastikan ROM tersebut ber ekstensi .zip

#4. Selanjutnya buka aplikasi Pengaturan, pilih Tentang telepon, klik Pembaruan sistem, di Logo MIUI tap sebanyak 10 kali hingga muncul notifikasi Tambahan fitur pembaruan hidup.

#5. Lalu tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas, dan klik Pilih paket pembaruan. Lalu cari file ROM yang telah kamu pindahkan di folder download_rom.

#6. Setelah mengklik file ROM tersebut maka proses Update akan dimulai, tinggal kamu tunggu saja sampai selesai.

Note. Jika cara update manual ini tidak berhasil, maka kamu harus menggunakan custom Recovery TWRP untuk menginstal update tersebut. Cara nya nanti akan saya update di artikel berikutnya.

Cukup sekian untuk tutorial Cara Update Stock ROM MIUI Xiaomi dan Redmi Melalui Updater, jika kalian punya pertanyaan mengenai Ponsel Xiaomi, bisa bertanya melalui kolom komentar atau social media yang tertera di blog ini.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here