NANDA.ID – Mengatasi Masalah Baterai Sony Xperia Z2 Compact Docomo – Halo semua para user Sony Xperia, khususnya Sony Xperia Z2 Compact atau sering juga di kenal dengan nama Sony Xperia A2.

Sekedar informasi saja Ponsel Sony Xperia Z2 Compact ini hanya di jual di jepang oleh Operator Seluler Negeri Sakura yaitu NTT Docomo. Jadi Ponsel yang satu ini tidak mempunyai versi Globalnya.

Namun kamu bisa membeli nya melalui seller yang ada di kota batam melalui E-commerce lokal seperti Tokopedia atau Bukalapak. Akan tetapi semua unit yang di jual bisa di pastikan second atau bekas pakai.

Dikarenakan hal ini banyak para user Sony Xperia Z2 Compact mengeluh jika baterai Xperia Z2 Compact sering mengalami masalah, seperti posisi baterai masih antara 30-40% Ponsel langsung Shutdown atau ada juga yang mengalami Xperia Z2 Compact nya mati dan hanya muncul lampu indikator berwarna merah ketika di tekan tombol power.

Saya sebagai user Xperia Z2 Compact juga mengalami hal tersebut, tepatnya setalah saya mengganti ROM dari versi Docomo ke ROM versi Global menggunakan ROM Xperia Z1 Compact.

Pada saat mencapai posisi 30% Ponsel saya juga langsung Shutdown/mati. Terkadang ada juga dimana jika posisi baterai sudah di bawah 30% akan mengalami penurunan persentase baterai secara cepat.

Sebagai sesama user Sony Xperia Z2 Compact saya akan membagikan pengalaman saya cara mengatasi masalah seperti di atas.

Berikut ini akan saya bagikan solusi dari yang termudah hingga yang tersulit, silahkan kamu praktekan dari no 1 terlebih dahulu hingga seterusnya nya. Dan semoga masalah baterai tersebuat bisa teratasi tanpa harus melakukan solusi yang ada pada nomor terakhir. Karena di solusi yang terakhir akan memerlukan biaya tambahan.

Oke langsung saja !!

#No.1 – Lakukan kalibrasi baterai.

Hal pertama yang saya lakukan setelah mengetahui Ponsel Xperia Z2 Compact saya mengalami masalah pada baterai adalah melakukan kalibrasi baterai. kalibrasi baterai berfungsi untuk memperbaiki persentase baterai yang ditampilkan pada Ponsel dengan kapasitas yang ada di dalam baterai.

Dengan melakukan kalibarasi baterai maka kapasitas baterai dan kapasitas yang di tampilkan di Ponsel akan sama. Sehingga tidak terjadi kesalahan persentase yang menyebabkan Ponsel mati padahal persentase baterai masih menunjukkan angka yang besar.

Untuk melakukan kalibrasi baterai, charge hingga benar – benar penuh Ponsel ada hingga 100%. lalu gunakan Ponsel Xperia Z2 Compact kamu hingga baterai mencapai nol persen atau mati. Lalu charge kembali Ponsel Xperia Z2 Compact kamu dalam keadaan mati hingga 100% lagi. setelah terisi penuh hidupkan dan siap digunakan seperti biasa.

Ada juga cara kalibrasi baterai dengan bantuan aplikasi yang terdapat di playstore namun jika menggunakan aplikasi tersebut memerlukan akses root. Jadi tidak saya bahas disini.

#No.2 – Flashing atau instal ulang Ponsel.

Jika cara no.1 tidak berhasil selanjutnya kamu harus melakukan cara berikut ini.

Cara ini perlu kamu lakukan jika Xperia Z2 Compact kamu mengalami masalah baterai setelah berganti rom.

Silahkan kamu coba flash Xperia Z2 Compact kamu dengan versi firmware yang lain, bisa menggunakan firmware versi Global atau versi versi Original dari NTT Docomo nya.

Untuk tutorial flash nya nanti akan saya update di blog saya ini, untuk sekarang silahkan kamu cara di google cara nya dengan kata kunci Flash Sony Xperia Z2 Compact.

Dan jika setelah melakukan kedua langkah di atas namun tidak juga berhasil. solusi nya adalah dengan melakukan solusi terakhir dari artikel ini.

#No.3 Ganti baterai.

Ini adalah solusi terakhir untuk Xperia Z2 Compact yang mengalami masalah baterai. Dan saya juga melakukan hal ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Waktu itu saya membeli baterai di toko online dengan harga Rp70.000 dan sudah saya gunakan selama 1 bulan ini. Dan setelah mengganti baterai masalah di atas teratasi semua. Baterai Ponsel saya juga bisa tahan seharian dengan pemakaian normal. Kebanyakan hanya digunakan untuk browsing dan social media.

Untuk cara mengganti baterai nya kamu bisa melakukan nya sendiri sambil melihat video tutorial di Youtube atau yang tidak mau mengambil resiko bisa membawa Sony Xperia Z2 Compact ke bengkel hp terdekat.

Dan berikut ini beberapa srenshoot penggunaan baterai dari Ponsel Sony Xperia Z2 Compact setalah saya lakukan penggantian baterai.

Mengatasi Masalah Baterai Xperia Z2 Compact Docomo

Seperti terlihat pada screenshots diatas setelah mengganti baterai dengan penggunaan normal baterai Ponsel saya bisa bertahan seharian dari pagi sampai malam, dengan Screen on Time (SOT) tembus 4 jam.

Note.
Tutorial ini bisa kamu lakukan juga di Ponsel lainnya seperti Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, Huawei dan lainnya. Intinya tutorial ini bisa dilakukan di semua Ponsel Android yang mengalami masalah seperti diatas. Tidak hanya terbatas pada Xperia Z2 Compact Docomo saja.

Beberapa Ponsel Sony Xperia lain nya yang pernah saya temui mengalami masalah seperti diatas di antaranya adalah Sony Xperia Z, Sony Xperia Z1 Compact, Sony Xperia Z1, Sony Xperia Z2, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3 Compact dan juga Sony Xperia Z3 Compact, mengingat dari tipe Ponsel nya maka wajar jika mengalami masalah baterai mengingat beberapa Ponsel tersebut sudah cukup lama tahun rilis nya.

Demikianlah lah sedikit solusi dari pengalaman saya mengatasi masalah baterai pada Sony Xperia Z2 Compact Docomo. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah atau bisa melalui halaman Facebook Blog ini.

Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here